Orang dengan HIV identik dengan kematian dini

BERITA | 08.56 | 0 komentar



HIV/AIDS sampai saat ini masih menjadi momok kesehatan yang begitu mengerikan. Hal ini terjadi sebab selama ini timbul stigma yang menyebutkan bahwa penyakit ini mampu menimbulkan kematian secara dini, kapan saja, dan dimana saja. Sehingga semakin banyak saja orang yang mempercayai bahwa orang dengan HIV/AIDS identik dengan mati muda.

Padahal menurut penelitian yang dilansir dari jurnal kesehatan Nutrifood Research Center, ODHA atau Orang dengan HIV AIDS bisa memiliki umur panjang yang produktif asalkan mereka selalu memperhatikan kesehatan tubuh mereka dan tidak lupa untuk mengonsumsi obat penghambat pertumbuhan virus HIV atau ARV (antiretoviral therapy).

Lebih lanjut, mengenai hal ini penelitian yang dilakukan di Eropa dan Amerika Serikat menunjukkan ODHA yang mulai berobat di usia 20 tahun memiliki angka harapan hidup hingga 40 tahun ke depan. Selain itu, tak hanya di negara maju penderita HIV di negara dunia ketika seperti Uganda pun memiliki harapan hidup yang sama asalkan mereka tidak absen mengonsumsi obat ARV.

Jadi, saat Anda atau pun orang di sekitar Anda terkena penyakit HIV, sebaiknya jangan berkecil hati dan lantas tidak memiliki semangat hidup. Sebab ODHA pun memiliki harapan hidup yang tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi sisa usia dengan perbuatan positif.

Category:

0 komentar